MANICPAS Juara 1 dan 3 pada Cardion Rayon Surabaya

Cardion (Science and Primary Medical Olympiad) adalah olimpiade sains yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran UIN Maliki Malang. Materi yang dilombakan dalam kompetisi ini meliputi mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Kedokteran Dasar. Olimpiade ini  diikuti oleh 1330 Tim se Indonesia dan 3 tim di antaranya adalah siswa MAN IC Pasuruan.

Di awali dengan babak penyisihan yang tersebar di 8 rayon di beberapa kota, dua dari tiga tim yang dikirim MAN IC Pasuruan berhasil menduduki urutan 1 dan 3 untuk Rayon Surabaya yang bertempat di SMA Ta’miriyah Surabaya. Untuk itu dua tim tersebut  akan maju lagi ke babak semifinal. Suatu prestasi yang membanggakan bisa mengungguli 120 tim lainnya di Surabaya mengingat peserta dari MAN IC Pasuruan masih duduk di kelas X.        Semifinal akan dilaksanakan di Kampus 3 Fakultas Kedokteran UIN Maliki Malang pada 26 Januari mendatang.

Dua tim MAN IC Pasuruan yang lolos ke semifinal adalah Tim ICEPAS-1 (Ahmad Nur Badawi, Firlana Khanif Amanna dan Bakhats Muhammad Fikri) dan Tim ICEPAS (Putri Nuzuli Yutiana, Nurin Ni’matullaily dan Ayura IslakhaH Zain). Mereka adalah gabungan dari siswa-siswa pilihan pada mapel-mapel Fisika, Kimia dan Biologi. Usaha keras mereka tidak sia-sia. “Kami senang sekali, gak nyangka bisa masuk semifinal” ujar Nurin mewakili teman-temannya dengan nada gembira. Kegembiraan serupa juga terlihat dari Solehuddin, pembimbing dan pendamping mereka. “Alhamdulillah, mereka beruntung masuk semifinal, padahal sebelumnya sempat was-was juga karena banyak soal yang luput dari prediksi” terangnya. Namun perjuangan mereka masih terus berlanjut, bahkan sangat berat untuk menghadapi semifinal mendatang. Kepala Madrasah, Syamsul Ma’arif langsung menghimbau kepada guru masing-masing mapel tersebut  untuk lebih intens membimbing dan mendampingi anak-anak. (qay)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*