OSIS MAN IC Pasuruan Sukses Gelar PILKETOS Online

Semangat berorganisasi yang tinggi tetap di rasakan oleh siswa MAN IC pasuruan meski ditengah masa pandemi dan pembelajaran jarak jauh yang penuh tantangan. Setelah melakukan laporan pertanggungjawaban orgasisasi siswa intra madrasah (OSIM) dan majelis permusyawaratan siswa (MPS) untuk periode 2019/2020 secara daring, para organisatoris muda cendekia bergerilya untuk melakukan penjaringan dan perekrutan anggota dan kepengurusan baru periode 2020/2021. Salah satu agenda yang paling menarik adalah pemilihan ketua dan wakil OSIS (PILKETOS) yang mana semua tahapannya diselenggarakan secara online.

Pembentukan tim penjaringan yang di motori oleh keanggotaan periode sebelumnya menjadi tahapan awal rangkaian pemilihan pucuk pimpinan organisasi siswa di madrasah yang berbasis asrama ini. Tim penjaringan bekerja dari tanggal 30 September 2020 sampai 4 Oktober 2020 dengan melakukan beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, wawancara, dan penentuan kandidat. Akhirnya didapatlah tiga pasangan calon (paslon) yang siap meramaikan ajang demokrasi tertinggi bagi siswa yakni pasangan calon 1 terdiri dari M. Akmal Murodhi dan Fikri Wafa, pasangan kedua adalah Puntadewa Nakhwah Kusuma yang merupakan wakil ketua osim peridode sebelumnya dan pasanganya M. Arya Edi laksmana, sedangan paslon ketiga adalah Robi’ah Adawiyah dan Nida’ kamila. Ketiga pasangan kandidat ketua dan wakilnya tersebut telah melakukan kampanye secara online dengan pengawasan dari KPU OSIS.

Puncak dari masa kampanye sendiri adalah debat antar paslon yang diselenggarakan pada hari Senin, 12 oktober 2020 secara online melalui media Zoom dan live streaming youtube. Dalam debat tersebut masing masing pasangan memaparkan visi dan misinya serta upaya upaya yang akan dilakukan untuk kemajuan organisasi. Pemikiran pemikiran para calon yang kritis juga tergambar dari bagaimana mereka menjawab mosi mosi yang dilemparkan selama debat berlangsung. Dukungan dan kehadiran dewan guru dan siswa secara daring menjadi semangat tersendiri bagi para kandidat untuk berkompetisi menyuarakan ide dan pemikiran mereka yang brilliant.

Pemilihan paslon yang dilakukan pada Rabu, tanggal 14 Oktober menjadi pamungkas rangkaian acara pentas demokrasi tersebut. Seluruh civitas akademika ikut berpartisipasi dengan memberikan hak pilihnya secara online. Setelah perhitungan suara maka diputuskan pemenangnya adalah paslon no 2 yakni Puntadewa Nakhwa dan M. arya untuk menjadi ketua OSIS dan wakil ketua periode 2020/2021. Sementara itu Makhfudi selaku Pembina OSIS yang di temui di sela sela kesibukannya mengungkapkan, “Kegiatan PILKETOS adalah acara rutin tahunan, tapi baru kali ini kami menyelengarakan kegiatan tersebut secara online, dan Alhamdulilah semangat dan kinerja para siswa sangat luar biasa sehingga acara ini sukses terselengara”. Selamat untuk ketua dan wakil ketua OSIS yang terpilih, semoga kesempatan yang diberikan mampu memberi warna dan kemajuan bagi OSIS MANICEPAS. (T2).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*