(PASURUAN/MP) Sebagai salah satu madrasah yang ditetapkan sebagai pilot project program satuan kerja yang berzona integritas dilingkungan kementerian agama (KEMENAG), MAN Insan Cendekia Pasuruan terus berbenah melakukan persiapan persiapan agar bisa meraih predikat yang diberikan oleh kementerian pendayagunaan aparatur negara (KEMENPAN) tersebut. Adapun tujuan utama dari program ini adalah bagaimana membentuk wilayah kerja yang bebas dari segala bentuk korupsi dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.
Pembentukan tim Zi tau tim zona integritas yang melibatkan semua guru dan tenaga kependidikan adalah langkah pertama yang dilakukan oleh madrasah dalam rangka melaksanakan amanah yang diberikan oleh kemenag tersebut. Setelah itu barulah tim yang ada bekerja sama untuk mempersiapakan segala sesuatunya yang meliputi 6 komponen program yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntanbilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan penguatan kualitas pelayanan publik. Sosialisasi terkait program tersebut juga dilakukan melalui berbagai media seperti website, Instagram maupun media social madrasah lainya.
Sebagai satuan kerja yang baru beroperasi selama 3 tahun, program ini adalah program yang penuh tantangan bagi MAN IC pasuruan seperti yang diungkapkan oleh Syamsul Ma’arif selaku kepala madrasah, “Meski madrasah kami harus berbenah disegala sektor terkait operasionalnya yang masih beberapa tahun, tapi kami optimis bisa mengkawal dan mensukseskan program ZI, WBK dan WBBM ini, dan hal ini juga memudahkan bagi kami sebagai satker baru untuk membentuk sistem madarasah yang bebas dari korupsi dan menjadikan MAN IC Pasuruan wilayah birokrasi yang bersih melayani sejak awal”, tukasnya dengan optimis. (2T)

Leave a Comment