Masa masa persiapan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah masa masa yang menimbulkan banyak kegalauan tidak hanya bagi siswa kelas XII MAN Insan Cendekia Pasuruan tetapi juga bagi para wali murid. Meskipun sebagian siswa sudah punya keyakinan tentang jurusan dan pilihan perguruan tinggi yang menjadi tujuan studi lanjutan mereka namun sebagian besar masih bimbang dan bingung tentang pemilihan jurusan maupun universitas yang tepat. Kondisi inilah yang melatarbelakangi diadakannya career talk online yang diperuntukkan bagi semua siswa dan wali murid MAN IC Pasuruan.

Acara career talk yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 yang lalu dibagi dalam 3 segmen; dimulai dari seminar karier yang berlangsung kurang lebih 60 menit, dengan menghadirkan nara sumber Rini Kritiani selaku ketua III MGBK Man IC Indonesia, dilanjutkan dengan seminar motivasi yang disampaikan oleh Ichsan Setya Putra (Wakil Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Universitas Pertamina) dan ditutup dengan Talk show bersama 5 mahasiswa alumni MAN IC Serpong. Agenda yang baru pertama dilaksanakan oleh madrasah yang berbasis asrama ini mendapat animo yang cukup besar dari para siswa dan wali murid, hali ini terbukti mereka dengan setia mengikuti acara yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam tersebut dengan penuh antusias. Selain itu banyak dari siswa maupun orang tua yang mangajukan pertanyaan seputar topik yang dibicarakan untuk setiap sesinya.

Pada seminar karier, Rini Kristiani, nara sumber cantik yang kedua anaknya sudah melanjutkan studi ke Jepang ini banyak berbagi ilmu terkait kiat kiat bagaimana membangun mimpi dan membangun komunikasi yang baik antara anak dan orang tua dalam menyiapkan masa depan anak, sedangkan Ichsan Setya Putra banyak menyoroti bagaimana menjadi pribadi yang unggul untuk merancang masa depan. Untuk acara talk show yang menjadi acara pamungkas, diwarnai dengan cerita cerita yang cukup inspiratif terkait hal hal seputar dunia mahasiswa dan kiat kiat tembus PTN. Acara tersebut diramaikan oleh Devira (mahasiswa Universitas Ritsumeikan Japan), Tamara (mahasiswa FK UNAIR), Salman (mahasiswa SBM ITB), Amil (Mahasiswa FK UI), dan Zayda (Mahasiswa FTSL ITB). Menurut Yuliani selaku guru BK MAN IC Pasuruan dan penanggung jawab acara, event ini cukup sukses mencapai target yang di ingikan karena setelah selesainya acara semangat siswa kelas XII untuk melanjutkan ke PTN dalam negeri terutama keluar negeri meningkat pesat. Semoga angkatan pertama MAN IC Pasuruan mampu mendobrak PTN dalam dan luar negeri sesuai dengan impian mereka, aamiin. (2T)

Leave a Comment