Di masa Pandemi covid 19 banyak terobosan terobosan baru yang dilakukan oleh MAN Insan Cendekia Pasuruan untuk menyiasati keterbatasan kondisi yang ada. Salah satunya terkait pelaksanaan penerimaan siswa baru 2021. Sosialisasi SNPDB yang semestinya dilakukan secara tatap muka dengan berkunjung ke MTs atau SMP kini harus di ganti dengan sosialisasi secara daring (online).

Secara umum seleksi nasional peserta didik baru 2021 kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, ada 2 jalur yang disediakan untuk pendaftaran MAN IC Pasuruan yakni Jalur tes dan prestasi, untuk masa pendaftaran sendiri dibuka mulai 11 januari s.d 11 Februari 2021. Hal yang menjadi tantangan pada periode kali ini adalah terkait pelaksanaan sosialisasi yang hanya bisa dilakuka secara online tanpa bisa bertemu calon peserta didik secara langsung sehingga proses penjaringan calon peserta didik baru bisa dikatakan kurang maksimal. Man Insan Cendekia Pasuruan sendiri melakukan sosialisasi secara online melalui 4 tahapan; sosialisasi pertama terselenggara tanggal 15 Januari 2021 bersama kanwil dan madrasah unggulan lainnya sedangkan untuk selanjutnya sosialisasi mandiri yang laksanakan setiap minggu mulai 18 Januari 2021, 25 Januari 2021, dan yang terakhir I Februari 2021 kemarin.

Dalam rangka memaksimalkan pengkawalan program penerimaan siswa baru kali ini, Tim SNPDB tetap memberikan pelayanan penuh secara online melalui social media dan media komunikasi yang lain, termasuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang muncul dari calon orang tua siswa. Meski banyak kendala yang di hadapi namun kita harus tetap berusaha keras dan optimis bahwa kita bisa mendapatkan bibit-bibit generasi unggul untuk Indonesia, ungkap Syamsul Ma’arif selaku kepala madrasah di sela sela kesibukannya. walaupun penuh tantangan, semoga SNPDB kali ini tetap bisa menjaring calon siswa terbaik, aaamiin. (2T)

 

 

Leave a Comment