Sebagai salah satu madrasah yang menjadi pilot project Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) Kemenag RI, berbagai tahapan dan persiapan telah dilakukan oleh Man Insan Cendekia Pasuruan. Setelah melalui tahap penilaian pendahuluan oleh tim internal eselon I kemenag RI dan survey dari balitbang dan diklat, fase lanjutan adalah penilaian dari inspektorat Jendral Kemenag RI yang akan menentukan layak tidaknya MAN IC Pasuruan untuk mengikuti penilaian akhir dari kemenPANRB.

Penilaian oleh tim Itjen dilakukan selama 3 hari yakni mulai tanggal 22 Maret sampai dengan 24 Maret 2021. Satu persatu komponen pengungkit dinilai kesiapan dan kelengkapannya. Pengecekan evidence terkait manajemen perubahan, penataan tata laksana, dan penataan sistem manajemen SDM dilakukan di hari pertama. Sementara 3 area lain yakni penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja serta penguatan kualitas pelayanan publik dilanjutkan pada hari berikutnya. Pada hari terakhir di isi dengan pelaporan dari tim Zona Integritas secara keseluruhan. Tidak hanya melakukan penilaian, tim Itjen yang terdiri dari 3 orang tersebut juga melakukan bimbingan dan pencerahan tentang apa apa yang harus disiapkan dalam mensukseskan program yang terkenal dengan jargonnya “Anti korupsi dan tolak gratifikasi” ini.

Chairil Anwar sebagai salah satu anggota tim penilai menjelaskan bahwa untuk menuju WBM dan WBBK salah satu poin penting yang menjadi pertimbangan adalah bahwa MAN IC Pasuruan harus mempunyai program inovasi yang menjadi ciri khas madrasah, apalagi jika program unggulan tersebut sudah di replikasi oleh madrasah atau sekolah lainya maka hal tersebut akan jauh lebih baik lagi. Inovasi tidak harus sesuatu yang mewah, tapi bisa dari hal hal sederhana dan unik imbuhnya. Sementara itu Syamsul Ma’arif selaku kepala madrasah mengungkapkan, “Meski program ZI ini butuh pengawalan yang luar biasa,tapi kami senang dengan penunjukkan madrasah kami sebagai pilot project karena dengan pengkawalan program Zona Integritas kami bisa sekalian membentuk sistem bagi madrasah kami yang baru berjalan 3 tahun ini. (T2)

Leave a Comment