Setelah sukses dalam 5 edisi sebelumnya, kali ini Kemenkeu Mengajar kembali diselenggarakan untuk edisi yang ke 6. Dalam edisi kali ini terdapat 342 sekolah terpilih yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengelolaan keuangan negara ini, diselenggarakan serempak secara daring pada sekolah 342 sekolah yang terpilih dan dihadiri oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati yang bertindak sebagai pemateri lewat daring. 

Sebagai salah satu sekolah yang terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut, MAN Insan Cendekia Pasuruan mewajibkan seluruh siswa-siswinya untuk mengikuti kegiatan Kemenkeu Mengajar tersebut. Bahkan untuk lebih mensukseskan kegiatan ini, MAN Insan Cendekia meminta setiap guru mata pelajaran yang relevan untuk mengintegrasikan materi pembelajarannya dalam kegiatan tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut siswa-siswi MAN Insan Cendekia Pasuruan sangat antusias menyimak penjelasan dari Menteri Keuangan kaitannya dengan pengelolaan keuangan negara terutama dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut, Menkeu menjelaskan bagaimana fungsi keuangan negara dan peran pemerintah dalam kebijakan fiskal terutama pada saat  pandemi Covid-19. Karena keuangan negara menjadi suatu alat utama yang diandalkan dalam kondisi pandemi.

“Artinya negara memiliki instrumen keuangan untuk membantu rakyat dan ekonomi yang sedang terkena musibah luar biasa. Kemudian bagaimana kita menjalankan fungsi atau peranan membantu dalam situasi pandemi Covid-19,” ujar Menkeu (9/11).

“Pemerintah menggunakan keuangan negara untuk membantu masyarakat. Tadi mereka yang merosot kehidupannya kita data, datanya diperbarui, dan kemudian diberikan bantuan. Jadi bantuan kepada masyarakat diberikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia,” Lanjut Menkeu.

Menkeu juga berharap, para generasi muda kedepannya dapat lebih baik dan berprestasi. Sehingga ketika nantinya melanjutkan ekstafet dalam mengelola dan mengurusi negara terutama dalam keuangan negara dapat lebih baik lagi. 

“Jadi kalian menjadi generasi muda yang akan memiliki masa depan yang lebih baik, yang nanti mengelola dan mengurusi negara. Berikan yang paling baik dari Anda. Jadi anak-anak yang hebat. Kalian mencintai Indonesia dengan mengukir prestasi,” pesan Menkeu pada peserta.

Sehingga setelah kegiatan ini para generasi muda terutama siswa-siswi MAN Insan Cendekia Pasuruan diharapkan dapat ikut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional , dimulai dari hal terkecil dengan tidak membeli produk impor dan mendukung langkah pemerintah untuk menghidupkan UMKM dimasa pandemi Covid-19 ini. (Ctr/red)

Kelas Kemenkeu Mengajar bersama Ibu Sri mulyani
Kelas Kemenkeu Mengajar bersama Pak Nadhim Makarim

Leave a Comment