Berbekal rasa syukur dan bahagia seluruh warga MAN Insan Cendekia Pasuruan kembali menikmati fasilitas negara berupa Gedung-gedung yang dibangun dari dana SBSN. Pasalnya, awal tahun 2022 ini tiga gedung baru telah siap ditempati setelah rampung pembangunannya bulan Desember yang lalu. Gedung-gedung baru tersebut diantaranya 1 gedung asrama putra type 1 (2 lantai), 1 gedung asrama putra type 2 (3 lantai), serta 10 unit rumah dinas/rumah asrama bagi guru, dan tenaga kependidikan. Kemegahan Gedung-gedung ini akan menjadi saksi perjuangan para siswa siswi MAN Insan Cendekia Pasuruan dalam menimba ilmu dan pengalaman yang akan sangat berarti dan bermanfaat untuk masa depan mereka nanti. Dengan fasilitas Gedung yang mewah diharapkan seluruh siswa lebih nyaman dan bersemangat untuk mengikuti semua aktifitas yang telah diprogramkan oleh madrasah.

Mengawali memasuki Gedung-gedung ini semua keluarga besar menggelar Khotmil Qur’an bersama sebagai wujud rasa syukur dan mengharap berkah dari pembacaan ayat-ayat suci Al Quran. Pembacaan Al Qur’an bersama-sama ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun setiap kali menempati Gedung Baru. Seakan tak melupakan bahwa apa yang dimiliki saat ini adalah berkat rahmat dan ridho Allah SWT. 

Kegiatan Khotmil Qur’an ini dilaksanakan pada Hari Jum’at 7 Januari 2022. Diikuti oleh semua guru dan siswa yang tersebar ke semua gedung asrama dan rumah dinas. Selain sebagai wujud rasa syukur, kegiatan Khotmil Qur’an Bersama juga sebagai penanda hidupnya kultur Khotmil Qur’an Bersama di setiap peresmian atau menempati gedung baru di MAN Insan Cendekia Pasuruan.

Kegiatan berlangsung dengan cukup sederhana namun tetap khusyuk, hikmat, dan serentak. Para siswa dan siswi dibagi secara berkelompok sejumlah 15 siswa dalam 1 majlis didampingi oleh 2 guru pada masing-masing rumah dinas guru yang berjumlah 10 unit dan 2 asrama. Setiap Majlis wajib mengkhatamkan 30 juz Al Qur,an.  “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Khotmil Qur’an Bersama dalam rangka menempati gedung baru di MAN Insan Cendekia Pasuruan ini, selain menambah semangat menuntut ilmu, juga menambah kecintaan kita pada Al-Qur’an, sehingga MAN Insan Cendekia Pasuruan dapat terus melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan religius” ungkap salah satu guru, Angga Kurniawan sambil mengabadikan moment tersebut dalam sebuah video. (AK)

Leave a Comment