Pasuruan. Menjemput indahnya lantunan takbir, tahmid, tahlil Civitas Akademika MAN Insan Cendekia Pasuruan melaksanakan shalat sunnah Idul Adha 1445 H/2024 M berjamaah di Masjid MAN Insan Cendekia Pasuruan, Senin (17/6/2024).

Suasana di pagi itu begitu khusyu’. Bertempat di Masjid MAN Insan Cendekia Pasuruan yang masih beralaskan tanah, ratusan Santri turut memadati masjid tersebut, dan dengan khidmat mengikuti seluruh rangkaian ibadah. Pada kegiatan tersebut, bertindak sebagai Khotib, Kepala Madrasah H. Syamsul Ma’arif yang menyampaikan pentingnya memaknai perjuangan Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. sebagai pengingat agar senantiasa taat atas perintah Allah SWT. Secara khusus beliau juga berharap, pada momentum Idul Adha kali ini seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia Pasuruan agar menjadi pemuda muslim yang sepenuhnya taat terhadap syariat serta rela mengorbankan waktunya untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya di Madrasah, demi menggapai ridho Allah.

“Apa yang sudah dilakukan oleh para Nabi kita terdahulu hendaknya menjadi pengingat kita agar menjadi umat yang taat dan Ikhlas dalam menjalankan perintahNya. Saya, beserta keluarga besar MAN Insan Cendekia Pasuruan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M kepada seluruh sivitas akademika MAN IC Pasuruan. Semoga kita mampu meneladani kepatuhan Ibrahim atas perintah dari Allah SWT,” pungkasnya.

Selain melaksanakan Shalat Idul Adha Berjamaah, MAN Insan Cendekia Pasuruan juga melaksanakan penyembelihan beberapa hewan kurban, berupa 7 ekor kambing yang dibagikan kepada masyarakat sekitar Madrasah. Penyembelihan tujuh hewan qurban dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juni 2024. Ketujuh hewan qurban yang disembelih tersebut merupakan hewan qurban atas nama beberapa siswa, guru dan orangtua. Para guru dan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan bergotong royong saling membantu memotong-motong dan mengemas daging kuran.

Kebahagiaan juga terpancar dari orangtua yang mempercayakan penyaluran hewan kurban untuk putranya melalui madrasah, maupun orangtua yang turut serta berpartisipasi mensukseskan kegiatan Idul Adha 1445 H. “Terima kasih kepada madrasah yang telah memfasilitasi kami dalam penyaluran hewan qurban, semoga membawa berkah untuk kita semua” ucap orangtua dari siswa atas nama Mozalee asal dari Jakarta. Humas

Leave a Comment