Pasuruan, 16 Juli 2024 – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan menggelar peringatan 10 Muharram dengan serangkaian kegiatan keagamaan yang khidmat. Acara yang berlangsung pada Selasa, 16 Juli 2024 ini diisi dengan Sholat Tasbih dan doa-doa yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf.

Kegiatan dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan Sholat Tasbih yang dipimpin oleh Ustadz Khumaidi Al Ansori, salah satu guru bina asrama di MAN IC Pasuruan. Dalam khutbahnya, Ustadz Khumaidi Al Ansori menyampaikan pentingnya momen 10 Muharram sebagai hari yang penuh berkah dan kesempatan untuk memperbanyak ibadah serta memohon ampunan kepada Allah SWT.

“10 Muharram adalah salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Marilah kita manfaatkan waktu ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbanyak ibadah, dan berdoa untuk kebaikan diri kita, keluarga, serta bangsa dan negara,” ujar Ustadz khumaidi Al Ansori dalam khutbahnya.

Setelah Sholat Tasbih, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Asrama, Ustadz Solikan Dalam doanya, beliau memohon agar seluruh warga MAN IC Pasuruan diberikan kesehatan, kemudahan dalam belajar, dan keberkahan dalam setiap langkah.

“Kita berdoa agar selalu diberikan kekuatan dan petunjuk oleh Allah SWT dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawab kita. Semoga MAN IC Pasuruan selalu menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan generasi muda yang berakhlak mulia dan berprestasi,” ungkap Ustadz Solikan.

Peringatan 10 Muharram di MAN IC Pasuruan tahun ini juga diisi dengan ceramah singkat mengenai sejarah dan makna 10 Muharram yang disampaikan oleh Ustadz Khumaidi Al Ansori. Beliau menjelaskan tentang berbagai peristiwa penting yang terjadi pada hari tersebut dan bagaimana umat Islam dapat mengambil pelajaran darinya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa penutup dan salam-salaman antar warga madrasah. Suasana penuh kebersamaan dan kekhusyukan mewarnai seluruh rangkaian kegiatan, memberikan makna mendalam bagi setiap peserta yang hadir.

Dengan kegiatan ini, MAN IC Pasuruan berharap dapat terus menginspirasi dan memperkuat ikatan spiritual seluruh warga madrasah serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

Leave a Comment