Pasuruan, 19 Juli 2024 – Mengawali Tahun Pelajaran baru, MAN Insan Cendekia Pasuruan pada hari Senin, 15 Juli kemarin dengan apel pagi dilanjut dengan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang baru diterima melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB).

Mengusung tema “From canvas to creativity: merangkai budaya kreatif madrasah berlandaskan akhlak mulia dan berjiwa pancasila”, Masa Ta’aruf Siswa Madrasah merupakan salah satu sarana pembentukan karakter yang bersifat kultural. Kultur disini terkait dengan bagaimana setiap individu siswa memiliki kesamaan pemahaman, pemikiran, nilai, dan perilaku bersama yang sudah dianggap sebagai norma dan tatanan khas suatu madrasah yang dilakukan berulang-ulang sehingga menumbuhkan kebiasaan, yang akhirnya melahirkan budaya madrasah. Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA ini harus bersifat edukatif, menumbuhkan kreativitas dan inovasi kepada para perserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan MATSAMA harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru.

Pelaksanaan serangkaian kegiatan MATSAMA ini dimulai dari Pra-Acara yang bertujuan untuk mengenalkan juknis MATSAMA MAN Insan Cendekia Pasuruan melalui meeting online pada tanggal 8 Juli 2024. Dilanjut dengan briefing pada tanggal 14 Juli 2024 dan acara utama selama 4 hari (15 Juli s.d 18 Juli 2024), dan semua kegiatan tersebut terpusat di Gedung Pusat Pelayanan Terpadu atau biasa disebut Aula PPT.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, para peserta didik baru dapat mengenal bagaimana budaya madrasah, mendapatkan pendidikan karakter dan disiplin yang bagus serta dapat menumbuhkan rasa kepemilikan dan cinta terhadap Almamater IC Pasuruan.” Ucap Bapak Kepala Madrasah, Syamsul Ma’arif.

Dalam penyampaian beliau pada penutupan, seluruh peserta didik dinilai tanggap dan antusias dengan serangkaian acara MATSAMA 2024 ini. Pada akhirnya, kegiatan ini ditutup dengan penyematan Almamater dan pelepasan ID card peserta sebagai simbol bahwa telah masuknya para peserta ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih baik yaitu resmi menjadi siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Pasuruan.

Leave a Comment