Pasuruan, 28 Juli 2024 – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pasuruan sukses menggelar kegiatan Masa Orientasi Pramuka Insan Cendekia (METAPRASA) yang diselenggarakan oleh Ambalan Gajah Mada – Tribhuwana Tunggadewi, Gugus Depan Pasuruan 04.125 – 04.126, dengan pangkalan di MAN Insan Cendekia Pasuruan pada Jumat dan Sabtu, 26-27 Juni 2024, yang diselangarakan di sekitar kawasan Man Insan Cendekia Pasuruan.

METAPRASA resmi dibuka oleh Ibu Lailil Fatmawati selaku staff kesiswaan, yang memberikan sambutan hangat kepada seluruh peserta. Upacara ini dilaksanakan di gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Man Insan Cendekia Pasuruan. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan, “Tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan Pramuka, tapi Pramuka selalu jadi yang terdepan dalam banyak bidang.” Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi sharing is caring yang dipandu oleh Kak Tio dan Kak Dedy. Mereka berbagi pengalaman dan tips-tips bermanfaat untuk peserta.

Dilanjut upacara pemindahan golongan dari pramuka penggalang ke pramuka penegak. Upacara yang khidmat ini diikuti oleh seluruh peserta, yakni 64 siswa laki-laki dan 58 siswa perempuan. Momen sakral ini menandai babak baru dalam perjalanan kepramukaan mereka.

Kak Arjap dan Kak Wening, selaku Pradana Ambalan Gajah Mada – Tribhuwana Tunggadewi, juga turut berbagi sejarah tentang ambalan mereka. sebagai bentuk refleksi spiritual, seluruh peserta melaksanakan yasin dan tahlilan bersama. Kegiatan ini tidak hanya mempererat tali persaudaraan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam diri para peserta

Acara METAPRASA mencapai puncaknya pada malam hari kedua dengan upacara api unggun yang meriah menjadi pusat perhatian seluruh peserta. Di bawah langit malam yang bertabur bintang, setiap sangga berlomba-lomba menyuarakan yel-yel mereka yang penuh semangat. Suara riang dan tepuk tangan menggema, menciptakan atmosfer persaudaraan yang hangat. Setelah puas bersorak-sorai, mereka pun bergotong royong merapikan tenda lalu meninggalkan Lokasi perkemahan, menyimpan kenangan indah METAPRASA dalam hati.

Selama dua hari, kegiatan METAPRASA pastinya memberikan kontribusi yang signifikan. Sharing is caring misalnya, menjadi wadah bagi peserta untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Sementara itu, pembuatan panji dan scavenger hunt melatih kreativitas dan kerja sama tim.

Dengan suksesnya METAPRASA, diharapkan para peserta dapat menjadi generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan, menjunjung tinggi nilai-nilai kepramukaan, dan membawa nama baik Ambalan Gajah Mada – Tribhuwana Tunggadewi serta MAN Insan Cendekia Pasuruan.

Leave a Comment