Pasuruan – MAN Insan Cendekia Pasuruan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan pelantikan Pramuka Garuda se-Kwarcab Pasuruan pada 13 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta pramuka golongan siaga, lebih dari 30 peserta pramuka golongan penggalang, dan lebih dari 50 peserta pramuka golongan penegak yang berasal dari wilayah Pasuruan. Mereka datang bersama orang tua atau wali masing-masing. Selain itu, juga turut hadir, kepala Kwarcab Pasuruan, Kak Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib yang bertindak sebagai Pembina upacara, juga kepala MAN Insan Cendekia Pasuruan, H. Syamsul Ma’arif, M. Pd., serta jajaran-jajaran pelatih pramuka lainnya.

Pertama kali dalam sejarah pramuka MAN Insan Cendekia Pasuruan, berhasil mengantarkan siswa dan siswinya menjadi penegak garuda pada 13 Agustus ini. Pelantikan pramuka garuda ini menjadi rekor dan pencapaian terbaru bagi MAN Insan Cendekia Pasuruan. Tekad yang selama ini belum dapat terealisasikan, akhirnya dapat terwujud juga pada kesempatan kali ini.  

            Salah seorang peserta pelantikan pramuka garuda yang berasal dari MAN Insan Cendekia Pasuruan, Yesenia Chava mengatakan bahwa ini merupakan sebuah pengalaman berharga dan pencapaian yang tak pernah ia duga, “Ngga menyangka bisa tembus pramuka garuda. Ini bakal jadi pengalaman yang selalu aku ingat, sih. Aku juga dapat banyak pesan waktu sungkeman tadi, meskipun itu bukan dari orang tua kandungku” (13/08/2024).

Ketidakberadaan orang tua serta teriknya sinar matahari tak membuat semangat dan antusias para peserta luntur.  Kegiatan upacara pelantikan pramuka garuda tetap dapat terlaksana dengan khidmat. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Bahkan, kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Kak Mujib selaku Pembina upacara. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan sukses dan luar biasa. Itu semua juga dapat terwujud berkat kerja sama dari seluruh panitia dan pihak-pihak lainnya.

            Dengan dilantiknya 26 siswa siswi MAN Insan Cendekia Pasuruan menjadi pramuka garuda, diharapkan agar  mereka dapat melaksanakan dan menepati janji yang telah mereka ucapkan. Dan semoga, mereka juga dapat menjadi contoh yang baik, serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

Leave a Comment