Pasuruan, 17 September 2024 — MAN Insan Cendekia Pasuruan baru-baru ini menggelar supervisi bersama pengawas Madrasah dari Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan. Acara ini dihadiri oleh Bapak Abu Nasir, Bapak Achmad Fathoni, Bapak M. Saladin, Bapak H. Mahmud, Ibu Hj. Nurul Aini H., dan Bapak M. Arif Furqon, yang masing-masing melakukan penilaian terhadap metode pengajaran yang diterapkan di madrasah unggulan ini.
Kegiatan supervisi ini bertujuan untuk memastikan bahwa MAN Insan Cendekia Pasuruan, sebagai lembaga pendidikan unggulan, terus menerapkan pendekatan pembelajaran yang modern dan berkualitas. Para pengawas tidak hanya memfokuskan penilaian pada aspek transfer of knowledge, tetapi juga memberikan masukan mengenai pentingnya mengajar dengan cara yang inspiratif, serta menekankan bahwa proses belajar mengajar harus berfokus pada pemenuhan kebutuhan siswa secara menyeluruh.
Kepala Madrasah, H. Syamsul Ma’arif, S.Pd, M.Pd, menyatakan bahwa supervisi ini memberikan kesempatan berharga bagi para guru untuk memperbaharui pengetahuan mereka mengenai teknik mengajar dan penguasaan kelas. Beliau menekankan pentingnya penampilan, manajerial, dan performa di kelas sebagai bagian dari proses pendidikan yang efektif.
Dalam agenda tersebut, para pengawas juga menyoroti keterlibatan MAN Insan Cendekia Pasuruan dalam program AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia), yang telah diterapkan sejak tahun 2021. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas ujian dan mempersiapkan siswa menghadapi soal-soal UTBK di masa depan.
Acara ini menjadi momen berharga bagi seluruh civitas MAN Insan Cendekia Pasuruan, karena memungkinkan para guru untuk lebih peka terhadap perkembangan pendidikan. Selain aspek kognitif, perhatian diberikan pada penguatan seluruh elemen pendidikan agar selaras dengan karakteristik siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan.
Dengan adanya supervisi ini, diharapkan MAN Insan Cendekia Pasuruan dapat terus berkembang sebagai institusi pendidikan yang tidak hanya unggul dalam hasil akademik tetapi juga dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa sesuai dengan tuntutan zaman.