Pasuruan, 7 September 2024 – Ambalan Gajah Mada Thribuwana Tunggadewi Gugus Depan Pasuruan 04.125-04.126 berhasil menggelar Kegiatan “Lomba Adu Prestasi Pramuka Penggalang Insan Cendekia se- Pasuruan Raya Terbuka Tahun 2024” yang disingkat LEOPARD 2024. Kegiatan ini berlangsung di MAN Insan Cendekia Pasuruan Sabtu (7/9/2024).


LEOPARD adalah kegiatan yang bertujuan untuk membentuk Pramuka Penggalang yang berkarakter, bertanggung jawab, berakhlak mulia, siap beradaptasi dengan terampil dalam mengasah kreativitas dan dapat mengembangkan seluruh potensinya untuk memberikan karya-karya terbaik untuk bangsa. Dengan diadakannya LEOPARD 2024 yang menjadi salah satu faktor terciptanya semangat baru bagi generasi penerus bangsa guna untuk melangsungkan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya pada generasi yang mempunyai semangat perjuangan

Gerakan Pramuka Gugusdepan 04.125-04.126 Pangkalan MAN Insan Cendekia Pasuruan menyelenggarakan kegiatan LEOPARD 2024 untuk Pramuka Penggalang SMP/MTs dengan Mengangkat tema “Berlaga di Arena Cendekia, Guna Raih Prestasi yang Gemilang” dengan  slogan “Berinovasi, berprestasi, LEOPARD selalu di hati”. Harapannya kegiatan ini dapat membentuk Pramuka Penggalang yang berkarakter, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan zaman.

LEOPARD 2024 ini diikuti oleh 10 pangkalan dan 20 regu dari berbagai sekolah. Berlangsung selama satu hari penuh dan dibuka secara resmi oleh H. Muhammad Khilmi M.Pd, selaku sekretaris kwarcab dan Kamabiran Grati dan pelaksanaan adat secara adat ambalan.

Dalam sambutannya, beliau berharap lomba ini dapat berjalan maksimal dan menghasilkan prestasi yang membanggakan. “semoga dapat berjalan maksimal, sehingga mendapat hasil yang maksimal juga. Yang nantinya bisa dilaporkan pada masing masing pimpinan,” ujarnya.

Lomba LEOPARD 2024 terdiri dari berbagai kategori, baik secara online maupun offline. Untuk kategori online, peserta berkompetisi dalam lomba fotografi dan poster. Sementara itu, untuk kategori offline, peserta mempertandingkan keterampilan mereka dalam SPICY (Scout Pioneering Creations), SMS (Sandi, Morse, dan Semaphore), dan YSD (Yel, Song, and Dance).

Lomba dilaksanakan mulai dari setelah upacara hingga tengah hari untuk dalam SPICY (Scout Pioneering Creations), SMS (Sandi, Morse, dan Semaphore) masing-masing dilaksanakan di Lapangan Depan PPT dan PPT

Dilanjutkan setelah ISHOMA ( Istirahat, Sholat, Makan ) yaitu lomba YSD (Yel, Song, and Dance) yang bertempatan di Gedung PPT MAN Insan Cendekia Pasuruan

Acara penutupan LEOPARD 2024 dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang. Kepala Madrasah, SYAMSUL MA’ARIF, S.Pd, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia, peserta, dan pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

Pengumuman pemenang di setiap mata lomba LEOPARD 2024 dilaksanakan setelah upacara penutupan, pada kategori lomba online cabang fotografi , para pemenang kategori putra berturut-turut dimenangkan oleh SMPN 2 Lumajang, SMP Ar-Rohmah Putra Dau KAB. Malang, dan SMPN 1 Ngoro Mojokerto. Kategori putri berturut-turut dimenangkan oleh SMPN 2 Lumajang, MTsN 4 Pasuruan, dan SMPN 1 Ngoro Mojokerto

Untuk mata lomba poster, SMPN 2 Lumajang menyabet juara 1 pada masing-masing kategori putra dan putri. Juara 2 kategori putra dimenagkan oleh MTSN 3 Blitar dan kategori putri oleh SMPN 1 Bangil. Lalu juara 3 pada kategori putra dan putri masing-masing dimenangkan oleh SMPN 1 Bangil dan MTSN 3 Blitar

Pemenang mata lomba SPICY kategori putra diraih oleh SMPN 2 Lumajang, SMPN 1 Bangil, dan SMPN 1 Ngoro Mojokerto. Pada kategori putri dimenangkan oleh SMPN 2 Lumajang, MTSN 1 Pasuruan, dan SMPN 1 Ngoro Mojokerto

Selanjutnya, mata lomba SMS kategori putra dimenangkan oleh SMPN 2 Lumajang. Juara 2 dan 3 diraih oleh SMP Ar-Rohmah Putra Dau KAB. Malang oleh regu Ababil Gold dan Ababil Black. Untuk kategori putri dimenangkan oleh SMPN 1 Bangil, SMPN 2 Lumajang, MTS. MMP Darul Ulum Grati.

Untuk cabang mata lomba terakhir yaitu YSD, juara 1 diperoleh oleh SMPN 1 Ngoro Mojokerto baik kartegori putra dan putri. Lalu SMPN 2 Lumajang yang menempati posisi ke 2 pada setiap kategori. Juara 3 pada mata lomba YSD diraih oleh SMP Ar-Rohmah Putra Dau KAB. Malang untuk kategori putra dan SMPN 1 Bangil untuk kategori putri.

Juara umum dari LEOPARD 2024 dimenangkan oleh SMPN 2 Lumajang yang meriah poin tertinggi dari semua pangkalan. Pemberiaan hadiah dan apresiasi diberikan secara langsung oleh Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Pasuruan, SYAMSUL MA’ARIF, S.Pd, M.Pd.

Leave a Comment