Sebagai salah satu madrasah yang menjadi pilot project program zona integritas wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) kementerian agama, MAN Insan Cendekia Pasuruan terus melakukan usaha usaha dan pembenahan untuk mewujudkan keberhasilan program yang diluncurkan oleh kementerian PAN-RB tersebut. Serangkaian kegiatan telah dilakukan ,dimulai dari mengikuti sosialisasi langsung secara online dari kementerian agama pusat secara berkala, penandatanganan kontrak kerja bersama kepala kantor wilayah kemenag Jatim dengan para kepala madrasah yang menjadi pilot project program tersebut dan tahap terakhir yang sudah di lalui adalah penilaian tahap pertama kesiapan program zona integritas dari kemenang pusat.

Achmad Hidayatullah selaku verifikator PMPZI tahap pertama melakukan verifikasi kesiapan MAN Insan Cendekia Pasuruan pada Jumat, tanggal 29 Januari 2021 lalu selama kurang lebih 9 jam. Satu persatu bukti atau evidence dari ke enam area ZI periksa, dimulai dari area manajemen perubahan, penataan tata-laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan yang terakhir penguatan kualitas pelayanan publik. Secara keseluruhan bukti bukti yang sudah disiapkan oleh tim ZI sudah memenuhi nilai yang telah diupload dalam sistem penilaian, untuk selanjutnya semua evidence yang ada tetap dimaksimalkan untuk persiapan penilaian tahap ke 2 dan tahap akhir nantinya.

Di akhir acara, Syamsul Ma’arif selaku kepala madrasah mengungkapkan, “Alhamdulilah penilaian mandiri Pembangunan zona integritas (PMPZI) tahap satu sudah terlaksana, kami akan membenahi area area yang perlu dikembangkan dan saya optimis bahwa MAN Insan Cendekia Pasuruan bisa mensukseskan program zona integritas ini”. Sementara itu Achmad Hidayatullah dalam closing statemennya menyatakan bahwa nilai nilai zona integritas harus benar benar bisa diinternalisasikan dalam kehidupan sehari hari oleh seluruh warga madrasah, jadi  tidak hanya berupa kelengkapan administratif untuk pemenuhan program zona integritas saja. Semoga harapan itu tercapai adanya, semua warga madrasah benar benar bisa mewujudkan nilai nilai integritas dalam kehidupan sehari hari, aamiin. (2T)

Leave a Comment