Geliat MAN Insan Cendekia sebagai madrasah akademik dan riset semakin tampak, kali ini TIM KTI Madrasah yang tahun ini baru meluluskan angkatan pertamanya tersebut berhasil mencetak prestasi yang cukup bergengsi di level internasional dengan mendapatkan gold medal pada lomba Youth International Science Fair (YISF 2021) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan BUCA IMSEF Turkey.

Tim yang diperkuat oleh Bintang Rafli Ananta, Agung Dwi Oktavian, Achmad Fahriza, Ahmad Raihan Muzakki, dan M. Rayyan Fatikhatur Rakhim harus bekerja keras untuk bisa menembus event yang pendaftarannya dibuka sejak 6 Februari 2021 yang lalu. Banyak hal yang harus di persiapkan terkait karya tulis mereka yang berjudul “Development of Historical Learning Methods Using Game Time Machine: The Adventure of Majapahit to increase Students Enthusiasm”, mulai dari pencarian ide dan literatur yang mendukung, pembuatan produk game yang disertai revisi dari para verifikator, pembuatan paper dan pembuatan video pengenalan publik terkait karya yang di buat, sampai akhirnya pada pembuatan intisari paper penelitian untuk di presentasikan di hadapan dewan juri ketika tim mereka ditetapkan sebagai finalis.

Menurut Bintang Rafli Ananta sebagai ketua tim menyatakan bahwa pengambilan ide judul tersebut berasal dari permasalahan umum pembelajaran sejarah. “Alhamdulilah pada saat presentasi juri memiliki pemikiran yang sama dengan kami, mereka sangat tertarik dan memberi respon positif pada karya kami. Bahkan, salah satu juri dan keluarganya sudah menggunakan produk yang kami buat” cetusnya dengan penuh rasa syukur dan bangga. Sedangkan menurut Shokhifatul Ilmiah selaku pembimbing KTI menyatakan bahwa prestasi ini sungguh luar biasa dan semoga tim ini bisa berjaya lagi di event selanjutnya karena dengan kemenangan ini, selain memperoleh medali emas dan IYSA semi grand award, tim yang kesemuanya berasal dari kelas sebelas tersebut juga berhasil mendapatkan free registration pada International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) 2021. (2T)

Leave a Comment