Pasuruan. Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Jombang mengadakan forum silaturahmi dengan MAN Insan Cendekia Pasuruan pada Senin (17/1) siang yang bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN IC Pasuruan. Kegiatan ini diikuti oleh 18 guru Bahasa Indonesia, diantaranya berasal dari MAN 1 Jombang, MAN 2 Jombang, MAN 3 Jombang, MAN 4 Jombang, MAN 5 Jombang, MAN 7 Jombang, dan MAN 9 Jombang.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia MAN Kab. Jombang, yaitu Dra. Hj. Nurfaizah, M.Pd., dan kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Kepala MAN Insan Cendekia Pasuruan, Syamsul Ma’arif, M.Pd. yang memperkenalkan sekilas perjalanan dan kehidupan MAN IC Pasuruan. Serangkaian acara silaturahmi semakin menarik saat tiba sharing tentang pengajaran dan pembelajaran di kelas oleh salah seorang guru Bahasa Indonesia MAN IC Pasuruan.

“Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sering kali siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar, hal ini mengakibatkan pembelajaran tidak efektif dan tujuan tidak tercapai. Dengan demikian, diperlukan sebuah pembelajaran yang membuat suasana tidak monoton, salah satunya adalah dengan praktik setelah penyampaian materi. Selain itu, memposisikan diri sebagai teman dari siswa-siswi sehingga belajar terasa lebih rileks dan menyenangkan”, jelas Masfufa Affriyanti, M.Pd. (17/1), selaku guru Bahasa Indonesia MAN IC Pasuruan yang sering dirindukan oleh siswa-siswinya.

Kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk menjalin ikatan antarguru Bahasa Indonesia sehingga ke depannya dapat saling berbagi dan memberi manfaat yang positif, serta menambah wawasan sebagai bekal menyiapkan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. (ZUH).

Leave a Comment