PASURUAN – Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia diwarnai dan diramaikan oleh seluruh masyarakat. Tak terkecuali para murid dan seluruh tenaga pendidik MAN IC Pasuruan dengan menggelar acara “SATUSAN”.

Kegiatan ini dimulai dengan diadakannya acara renungan tepat pada malam sebelum dilaksanakannya upacara bendera (16/8/2022). Renungan dilaksanakan dengan sangat khidmat dan sukacita. Dengan membaca tahlil, kegiatan renungan ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT. atas kemerdekaan Indonesia yang dianugerahkan-Nya melalui perjuangan dan pengorbanan serta kerelaan gugur para pahlawan demi membela Indonesia.

Selanjutnya, pada saat hari H. Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 RI digelar di lapangan MAN IC Pasuruan, Rabu (17/8/2022). Suasana semakin heroik ketika tim Paskibraka memasuki halaman upacara. Sebanyak 17 pasukan yang sebelumnya telah dilatih jauh-jauh hari memasuki lapangan dengan sangat prima. Setelah bendera merah putih diserahkan pada petugas pembawa baki, prosesi pengibaran bendera merah putih dimulai.

Bendera dibentangkan dengan penghormatan seluruh peserta upacara, diiringi lagu Indonesia Raya, Sang Merah Putih dikerek ke atas. Usai bendera merah putih berkibar sempurna, seluruh peserta upacara kembali menyaksikan tim paduan suara terpilih menyanyikan lagu-lagu nasional.
Acara berlangsung dengan khidmat dan menggambarkan semangat heroik kemerdekaan. Upacara selesai digelar, dilanjutkan dengan penampilan dari dua orang siswa membacakan orasi diiringi medley lagu lagu nasional yang dinyanyikan oleh teman-teman angkatan ke – 4. Tak berhenti sampai disitu, demi menyongsong semangat kemerdekaan yang meriah di Tahun 2022, seluruh siswa – siswi MAN IC Pasuruan mengikuti berbagai rangkaian acara perlombaan, bazar, jalan sehat, dan kegiatan menarik lainnya.

Leave a Comment