Gaung MAN Insan Cendekia Pasuruan sebagai madrasah baru yang banyak mencetak prestasi nampaknya menarik perhatian banyak pihak. Diantaranya adalah Gus Ipul, Sekjen PBNU. GusIpul sangat tertarik dengan sistem pendidikan di MAN IC Pasuruan.
Drs. K. H. Saifullah Yusuf demikian nama lengkap Gus Ipul lahir pada tanggal 28 Agustus 1964 adalah seorang birokrat dan politisi yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan sejak 26 Februari 2021. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur sejak 12 Februari 2009 hingga 12 Februari 2019.

Hadir di MAN Insan Cendekia Pasuruan pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2022 Gus Ipul diterima langsung oleh Kepala Madrasah, Syamsul Maárif di ruang kepala madrasah. Pada kesempatan itu Kepala Madrasah menyampaikan capaian prestasi terbaru MAN Insan Cendekia Pasuruan sebagai sekolah terbaik 3 Jawa Timur dan peringkat 40 pada TOP 1000 sekolah data versi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) tahun 2022.

Lebih lanjut Syamsul Maárif menambahkan bahwa MAN Insan Cendekia Pasuruan telah meluluskan 2 angkatan. Dua tahun berturut-turut alumni yang diterima perguruan tinggi negeri mencapai 94 %. Lima diantaranya diterima di sekolah Ikatan Dinas seperti STIS, IPDN, STMKG dan STTD. Selain PTN dalam negeri dua siswa diterima di Al Azhar Kairo Mesir dan Budapest University Hungaria.
”Seharusnya sistem yang diterapkan di MAN IC ini bisa diadopsi untuk di sekolah/madrasah boarding lainnya” ungkap Gus Ipul . Lebih jauh Gus Ipul mengutarakan keinginannya untuk membangun madrasah boarding yang akan mengadopsi sistem yang ada di MAN Insan Cendekia Pasuruan dan akan menggandeng MAN IC Pasuruan untuk program desiminasi. Secara khusus Gus Ipul memohon doa dan dukungan dari Kepala MAN IC Pasuruan.
Dengan senang hati Kepala MAN IC Pasuruan menyambut baik keinginan Gus Ipul ini. Dengan harapan di masa yang akan datang Pasuruan memiliki lebih banyak madrasah boarding yang berkualitas.
Gus Ipul adalah sosok yang humble. Ramah menyapa dengan siapa saja yang ditemui di MAN IC Pasuruan bahkan tak segan untuk berfoto bersama security yang ingin mengabadikan kesempatan yang sangat langka tersebut.

Leave a Comment