Selasa (07/03) MAN IC Pasuruan menggelar acara Kupas Tuntas Digital Entrepreneurship yang berlangsung di aula Asrama Avicenna. Acara tersebut diikuti oleh siswa siswi kelas X dan XII. Kegiatan ini dilaksanakan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan LilAlamin (P5RA) termin ketiga yang bertema Kewirausahaan. Proyek Ketiga ini dilaksanakan pada tanggal 6-17 Maret 2023. Kelas X MAN IC Pasuruan telah melaksanakan 2 proyek sebelumnya, proyek ketiga ini adalah proyek terakhir.
Kegiatan ini dibuka oleh Syamsul Ma`arif, M.Pd Kamad MAN IC Pasuruan. Dalam sambutannya Syamsul menyampaikan pentingnya bagi peserta didik saat ini untuk mengusai dunia digital. Hari ini sudah banyak bisnis dan kewirausahaan yang memanfaatkan internet sebagai bagian dari pemasaran dan pengenalan produk. Maka sangat penting untuk membekali peserta didik dengan kemampuan digital entrepreuner. Masih menurut Syamsul, untuk tujuan dari kegiatan ini yaitu dapat membantu siswa untuk membuka wawasan dan menambah ilmu mengenai dunia marketing dengan memanfaatkan dunia digital.
Output yang akan dihasilkan dari kegiatan P5RA ini yakni dapat meningkatkan softskill seperti kreativitas, berpikir kritis, dan komunikatif di setiap individu, mengetahui berbagai usaha yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Mengetahui cara cerdas dalam pembuatan marketing plan untuk memulai dan menjalankan usaha di era global, dan terbekali dengan berbagai materi yang diberikan yaitu mengenai marketing plan, personal branding, dan pemanfaatan digital untuk mencari keuntungan guna menjadi pengusaha muda yang sukses di masa depan.
Dalam kegiatan ini MAN IC Pasuruan mengundang Guest Teacher (Guru Tamu) Rinov Waludyantoro (Trainer Internet Marketing) selaku pemateri.  Pria yang bertempat tinggal di Malang ini sudah mengisi seminar dan training di banyak tempat dan instansi di berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Yogya, Sumbawa, Makassar dan di banyak propinsi lain. Dipaparkan dalam pelatihan ini beragam jurus jitu dalam Internet Marketing, seperti pemanfaatan keyword/kata kunci, website gratis seperti: wordpress, blogspot, dll, dan media-media sosial seperti Facebook, Twitter, dll yang biasa digunakan dalam Internet Marketing. Selain berguna dalam lingkup Internet Marketing, semua pemaparan juga berguna bagi siapa saja yang ingin membuat website pribadi maupun instansi. Pemateri juga memberikan edukasi bagaimana melakukan pre-liminary riset sebelum terjun dalam digital marketing dan bagaimana agar sebuah produk selalu bisa pada posisi TOP ONE pada mesin pencari google.
Peserta didik dan Guru MAN IC Pasuruan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Shohifah salah satu guru peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik dan benar-benar memberikan pengetahuan baru menurutnya dalam dunia digital marketing.

Leave a Comment