Luar biasa, prestasi tingkat international kembali diukir oleh siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan. Vincent Nuridzati Adittama (Kelas XII Mipa 2), yang juga merupakan alumni MTsN 1 Ponorogo, meraih Gold Medal pada ajang Malaysia Invention & Innovation Expo (MIIX) 2023, lomba yang berlangsung sejak Januari hingga Mei (termasuk expo dan penjurian) mampu menyedot partisipasi peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, India, Vietnam, sampai Yaman.

MIIX 2023 yang dilaksanakan secara daring ini memiliki 3 kategori project yakni Beginner (untuk Siswa/Pelajar), Intermediate (untuk Mahasiswa), dan Expert (untuk Dosen/Guru). Judul yang diangkat oleh Vincent yaitu “DemDiary : Memory Software with Cloze and Spaced Repetition for Dementia” mampu menarik perhatian para juri hingga memperoleh akumulasi nilai yang tinggi ada ajang tersebut.

DemDiary adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan sebagai alternatif guna membantu upaya penanganan gejala demensia terhadap penderitanya dengan pendekatan teknologi.

Menurut Vincent, Project ini merupakan hasil dari penelitian Research and Development (RnD) yang dilakukan pada Juni-September 2022 dengan berkolaborasi bersama Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur dengan bimbingan bapak Angga Kurniawan, S.Kom. Ujicoba karya invensi ini dilaksanakan di UPT Panti Sosial Tresna Werda Pasuruan dengan melibatkan para lansia penghuni panti.
Kepala MAN Insan Cendekia Pasuruan, Syamsul Maarif, menyampaikan bahwa capaian prestasi ini membuktikan karya invensi dan inovasi anak anak MAN IC Pasuruan diakui secara internasional. Syamsul juga berharap semoga prestasi ini menginspirasi semua siswa kita untuk menciptakan inovasi- inovasi lainnya.

Leave a Comment