Menjadi perwakilan Indonesia pada event IESO (International Earth Science Olympiad) tidaklah mudah. Proses panjang yang harus dilalui memerlukan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari keluarga, sekolah, bahkan Cabang Dinas terkait. Berawal dari seleksi tingkat kabupaten/kota, tingkat propinsi, tingkat nasional hingga mengikuti pelatnas. Dia adalah Saifurrohman Ar Robbani, siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan Angkatan ke 3 yang baru saja lulus tahun ini. Dan saat ini telah diterima kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) dengan prodi FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian).

Saifurrohman mengawali prestasinya di Bidang Kebumian sejak kelas XI. Terinspirasi oleh kakak kelasnya yang prestasinya melejit berkat bimbingan Kurniawan Arif, pembina Geografi dan Kebumian yang selalu menekankan keistiqomahan baik dalam belajar maupun berdoa. Kelas XI mengikuti OSN tingkat Kab/Ko lolos maju ke propinsi. OSN tingkat propinsi berhasil ia taklukkan dengan mengantongi medali emas. Semangat Saif (panggilan akrab Saifurrohman) semakin terbakar dengan kemenangan ini. Ketika memasuki event OSN tingkat Nasional Saif sudah duduk di kelas XII. Dan harapannya terwujud dengan berhasil mendapatkan Medali Emas Kebumian. Kesempatan mengikuti pelatnas 1 tidak disia-siakannya.

Pelatnas (Pelatihan Nasioanal) IESO merupakan pembinaan langsung dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek kepada para medalis nasional sebagai upaya mempersiapkan bibit-bibit yang akan dikirim ke IESO. Pelatnas 1 yang berlangsung pada 13-26 Februari 2023, cukup menyita perhatian dan memecah fokusnya, karena di sisi lain ia harus mengikuti pemantaban persiapan studi lanjut Kelas XII. Namun kegigihannya menjalani pelatnas berbuah manis dengan lolos untuk pelatnas 2.

Pelatnas 2 IESO berlangsung pada 1-7 Mei 2023 dengan daring dan 15-21 Mei 2023 di Hotel Novotel Bandung. Pada pelatnas 2 ini diikuti oleh 16 peserta, dan diambil 8 terbaik untuk mewakili Indonesia. Berbahagialah Saif termasuk ke dalam 8 wakil Indonesia pada IESO ke 16 yang akan berlangsung pada 20-26 Agustus 2023 mendatang. Kesempatan menjadi perwakilan Indonesia ini bukan hanya menjadi kabar gembira bagi keluarga besar MAN Insan Cendekia Pasuruan. Namun juga mendapat apresiasi yang membahagiakan dari Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Prof. Dr. H. Moh. Ishom, S.Ag. Ucapan selamat juga datang dari Kasubdit Kurev Direktorat KSKK Madrasah Dr. H Suwardi. Ucapan selamat tersebut disampaikan kepada Kepala Madrasah, Syamsul Maárif yang sedang menjadi petugas haji. Humas

Leave a Comment