Pasuruan. Dalam Rangka mewujudkan iklim riset di Lingkungan Madrasah, MAN Insan Cendekia Pasuruan mengirim TIM KTI untuk mengikuti FGD Pengembangan Riset di Madrasah dalam kegiatan Cendekia Science Summit (CSS) yang bertempat di MAN IC Lampung Timur 22-25 Agustus 2023. MAN Insan Cendekia Pasuruan dalam kegiatan ini diwakili oleh Koordinator TIM KTI Susanti Handayaningsih, M.H dan Citro Achmad Faisol, S.Pd selaku tim penelitian bidang soshum.

Mengambil tema “Symphony of Discovery: Bridging the Worlds Through Islamic Science and Environment.” CSS 2023 membawa membawa misi perpaduan harmonis antara eksplorasi ilmiah dan nilai-nilai Islam, dengan menekankan pentingnya menjalankan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam kegiatan pengembangan riset para guru pembimbing dilatih langsung oleh instruktur ahli di bidangnya. Instruktur tersebut antara lain Dr. Anggoro Tri Mursito, M.Sc Kepala Pusat Riset Teknologi Pertambangan BRIN, Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd dan Zudan Rosyidi, MA TIM Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selain membangun iklim riset, para guru pembimbing diberikan pembekalan strategi juara dalam riset yang diberikan oleh Dr. Anggoro Tri Mursito yang berpengalaman sebagai juri berbagai ajang lomba penelitian bagi siswa dari tingkat nasional maupun internasional.

Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto yang memberikan sambutan virtual sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh KKM MAN Insan Cendekia. pertemuan antara peserta dan juga Guru Pembimbing penelitian ini diharapkan dapat menjadi wadah yang baik bagi pikiran-pikiran muda untuk terlibat dalam diskusi dengan pemikiran yang mendalam dan menciptakan iklim riset di Madrasah.

“Kami yakin bahwa melalui simfoni intelektual ini, kita dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah, dimana ilmu pengetahuan dan spiritualitas bekerja bersama untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di dunia kita ini dan membentuk jembatan antara kebijaksanaaan tradisional islam dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang” jelas Sidik selaku Plt. Direktur KSKK Madrasah.(23/8).

Dalam kegiatan ini juga menghasilkan rumusan dan strategi pengembangan riset yang dapat dilaksanakan di Madrasah serta semangat antara TIM Riset MAN Insan Cendekia untuk berkolaborasi dalam mempersiapkan siswa-siswi-nya untuk kompetisi riset. Humas

Leave a Comment