Pasuruan. MAN Insan Cendekia sebagai Madrasah Aliyah Unggulan mengemban amanah untuk terus memberikan kualitas pendidikan yang unggul dan berdayasaing, salah satunya dengan pengembangan Kewirausahaan melalui studi tiru ke MAN 1 Lumajang. Kali ini MAN IC Pasuruan berkunjung sebagai tamu untuk mengamati aktivitas kewirausahaan di MAN.1 Lumajang berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2023, diikuti sejumlah 6 Pengurus Kewirausahaan MAN 1 Lumajang dan 6 Pengurus Kewirausahaan MAN IC Pasuruan serta 22 pengurus koperasi siswa MAN 1 Lumajang.

Kepala MAN 1 Lumajang Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag, M.Pd dalam pembukaan menjelaskan bahwa kegiatan ini selain sebagai wadah bersilahturahmi juga di harapkan menjadi awal yang baik untuk menselaraskan visi madrasah mengenai kemandirian dalam bidang kewirausahaan untuk nantinya bisa menjadi percontohan madrasah lainya.

Lebih lanjut, Kepala MAN IC Pasuruan, Syamsul Ma’arif menjelaskan bahwa penting untuk memberikan pembelajaran yang nyata karena dengan mengelola kewirausahaan peserta didik juga membentuk karakter yang diperlukan untuk masa depan yang lebih baik.
“Inovasi pembelajaran sangat penting untuk dilakukan sebagai jawaban dari perkembangan pendidikan, salah satunya melalui Kegiaan studi tiru di bidang kewirausahaan antara kedua MAN 1 Lumajang dan MAN IC Pasuruan.” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai sistem kewirausahaan di MAN 1 Lumajang, dalam hal ini selaku pengurus bu Amik Wahyuni menyampaikan bahwa “Di sini semua unsur kewirausahaan dijadikan satu dalam wadah PKM (pusat kewirausahaan madrasah) yang terdiri dari Koperasi siswa, koperasi guru, Kantin, Griya Kreatif , persewaan mobil dan pengembangan terbaru adalah katering”. Jelas Amik.

Penjelasan tersebut di respon dengan baik oleh pengurus kewirausahaan MAN IC Pasuruan. Setelah pemaparan program, rombongan diajak melihat langsung kondisi toko siswa yang merupakan bagian dari unit kewirausahaan MAN 1 Lumajang. Bu Suci selaku salah satu pengurus menjelaskan bagaimana alur pembayaran dan masuk keluarnya siswa ketika berbelanja di toko serta tidak kalah penting fasilitas pelayanan yang tersedia begitu lengkap mulai dari ketersediaan ATK, jajan dan pelayanan jasa foto copy tersedia di toko ini. “ kunci dari kesuksesan bidang kewirausahaan kami adalah adanya sinergitas dari semua lini.” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan mengelilingi lingkungan MAN 1 Lumajang dimulai dengan pengenalan ruang podcast, Ruang Vokasi yang terdiri dari jahit, robotic dan broadcasting, yang kemudian diakhiri dengan diskusi penutup di ruang kepala Madrasah. Kegiatan Studi tiru di MAN 1 Lumajang berjalan lancar dan memberikan kesan, pesan serta pengalaman yang berharga bagi para peserta. Humas

Leave a Comment