Pasuruan. MAN IC Pasuruan ikut serta dalam memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 78. Rangkaian perayaan HUT Kemedekaan RI Ke 78 oleh MAN Insan Cendekia Pasuruan dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 17 Agustus hingga 18 Agustus 2023.

Mengusung tema Bangkit Generasi Z, MAN IC Pasuruan ingin mengoptimalkan peran generasi muda untuk berperan aktif dalam upaya memajukan bangsa, selaras dengan tema Nasional Kemerdekaan yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 dibuka dengan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka peringatan 17 Agustus di lapangan MAN IC Pasuran depan aula PPT yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Upacara bendera tersebut dipimpin langsung oleh Kepala MAN IC Pasuruan yaitu Bapak H. Syamsul, Ma’arif. M.Pd. dan diikuti oleh seluruh civitas akademika MAN IC Pasuruan mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan seluruh staff MAN IC Pasuruan. Terdapat hal yang berbeda dalam pelaksanaan upacara tersebut karena semua guru dan Tenaga Kependidikan mengenakan baju adat untuk menunjukkan semangat persatuan dan cinta tanah air.

Setelah upacara selesai, kegiatan berlanjut dengan pelaksanaan pameran karya seni PRAKARSA oleh siswa siswi kelas XI MAN IC Pasuruan. Kegiatan Pameran Seni (PRAKARSA) diampu oleh M. Wahyu Putra Utama, M. Sn. selaku guru Seni Budaya MAN IC Pasuruan. Pameran seni tersebut menampilkan seluruh karya terbaik siswa sebagai bukti bahwa generasi Z mampu menghasilkan karya yang layak untuk dipamerkan. Pameran dibuka oleh Kepala Madrasah, Hj. Syamsul Ma`arif, M.Pd. secara langsung dan bertempat di aula PPT MAN Insan Cendekia Pasuruan. Kegiatan setelah pameran yaitu Lomba Cerdas Cermat yang berlangsung di aula PPT.

Perayaan HUT RI hari kedua diisi dengan Jalan Sehat dan Bazaar Kuliner Kreatif Siswa MAN IC Pasuruan. Seluruh warga MAN IC Pasuruan melakukan jalan sehat yang dimulai dari sekolah dan mengambil rute di jalan Desa Kajarkuning Kedawung Wetan serta berakhir di sekolah kembali. Kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan siswa terhadap lingkungan masyarakat di sekitar sekolah. Banyak hadiah yang dibagikan dalam kegiatan tersebut untuk memeriahkan acara.

Di akhir perjalanan gerak jalan sehat para siswa membuat bazar kuliner dengan bertemakan pahlawan masa kini. Mereka berjualan makanan dengan menampilkan beberapa ikon pahlawan yang berjasa bagi kehidupan bangsa seperti para veteran pejuang kemerdekaan, wali songo, tenaga kesehatan, hingga petani yang berjasa dalam mempertahankan ketahanan pangan Indonesia. Selama bazar berlangsung, para siswa juga menyajikan persembahan karya seni pertunjukkan yang dapat dinikmati bersama dengan berbagai kudapan yang disajikan dalam bazar. Akhir acara dari seluruh kegiatan HUT Kemerdekaan RI ditutup dengan pertandingan sepak bola antar angkatan yang meriah. Humas

Leave a Comment