Pasuruan – MAN Insan Cendekia Pasuruan melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan Organisasi atau Reorganisasi yang bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN Insan Cendekia Pasuruan. Acara Serah Terima Jabatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh seluruh siswa/i MAN Insan Cendekia Pasuruan serta beberapa guru yang hadir pada saat itu, dan diisi langsung oleh Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Pasuruan, yakni H. Syamsul Ma’arif, M.Pd.

Beberapa organisasi yang melaksanakan Serah Terima Jabatan diantaranya: MPS, OSIS, OSMA, Ambalan Gajahmada Tribhuwana Tunggadewi, serta IRC. Masing-masing organisasi diwakilkan oleh ketua dan wakil ketua baru dan demisioner. Acara Serah Terima Jabatan ini berlangsung dengan lancar dengan suasana haru sekaligus gembira para siswa/i terlebih bagi para anggota dan pengurus organisasi.

Beberapa pesan dan saran disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah, H. Syamsul Ma’arif, M.Pd, “Saya ucapkan selamat kepada para pengurus baru, dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada pengurus yang lama. Semoga ke depannya keorganisasian di MAN Insan Cendekia Pasuruan bisa berkembang dan menjadi lebih baik lagi.”

Salah satu peserta Serah Terima Jabatan, yakni Anindita Wening Dwi dari kelas XI B, yang baru saja dilantik menjadi Pradani ( Ketua ) dari Ambalan Tribhuwana Tunggadewi menyatakan bahwa dirinya terharu, “Karena udah setahun sama anak-anak organisasi yang lama terus kita bakal buka, hidup di lembaran organisasi yang baru.” Ungkapnya.

“Semoga tahun ini Ambalan bisa lebih baik dari yang kemarin.” Tambah Anindita Wening Dwi, Pradana Ambalan Tribhuwana Tunggadewi 2023/2024.

Kesan dan pesan yang serupa juga disampaikan oleh Ketua OSIS 2023/2024, yakni Ahmad Ganis Dharpita dari kelas XI A, “Acara Sertijab kali ini mengharukan. Ngga kerasa udah setahun jabat di OSIS, terus ngga expect juga bakal kepilih jadi Ketua OSIS, soalnya dulu emang udah ada keinginan sih jadi Ketua OSIS, tapi ngga begitu yakin aja gitu. Tapi alhamdulillah sekarang terpilih dan udah dilantik. Yang pastinya perasaannya senang, tapi juga berat karena mau gimanapun ada amanah baru yang harus diemban.”

Tambahan dari Ahmad Ganis Dharpita, “Harapan untuk OSIS kedepannya semoga bisa terus memiliki hubungan yang solid dan kekeluargaan, saling kerjasama, saling care, saling membantu, karena yang paling terpenting dari organisasi adalah Kerjasama.”

Tanggapan dari perwakilan organisasi IRC atau organisasi PMR di MAN Insan Cendekia juga disampaikan oleh wakil ketua IRC 2023/2024 yang baru dilantik, Loudya Meidina Bilqis dari kelas X D, “Ikut Sertijab kali ini perasaannya antara senang dan merasa punya tanggung jawab lebih.”

Tanggapan dari ketua MPS masa bakti 2023/2024 tentang adanya sertijab ini, “Saya rasa kegiatan sertijab merupakan kegiatan yang membuat semua orang terharu dan bangga atas segala usaha yang sudah dilakukan sampai resmi menjadi seorang pengurus anggota organisasi masing-masing,” sambut Ketua MPS 2023/2024, Ahmad Eqiel Navadz Masyhur dari kelas XI-B.

“Kegiatan yg sangat seru dan menarik ini mendapat pesan dan kesan dari kepala Madrasah kita yakni Bapak Syamsul Ma’arif beliau memberi pesan agar kami para penerus tonggak perjalanan organisasi dapat melanjutkan perjuangan dan perjalanan organisasi kedepannya. Pesan saya semoga semua yang diberikan amanah untuk menjadi pengurus organisasi bisa amanah dan mengemban tugas dengan baik sesuai dengan janji dan sumpah yang sudah diucapkan,” sambung Ahmad Eqiel Navadz Masyhur dalam pembicaraannya.

Acara tersebut sangat berharga dan berkesan bagi tiap Ketua dan para pengurus organisasi yang akan menjabat selama 1 masa bakti kedepannya, tepat hari ini para pengurus lama telah melepas jabatannya dan para pengurus baru akan memulai merancang bagaimana organisasi dalam masa bakti satu tahun kedepan nya. (Kumintra)

Leave a Comment