Pasuruan – MAN Insan Cendekia Pasuruan gelar serah terima sertifikat halal kepada para pelaku usaha di wilayah MAN Insan Cendekia Pasuruan melalui Unit Kewirausahaan, Kamis 23 November 2023. Pemberian sertifikat halal diberikan langsung oleh kepala MAN Insan Cendekia Pasuruan Bapak Syamsul Ma’arif, S.Pd, M.Pd di dampingi oleh Kepala Tata Usaha Ibu Dian Triwijanti, M.Pd bertempat di meeting room MAN Insan Cendekia Pasuruan berjalan dengan lancar. Penting nya sertifikat halal ini diberikan karena sebagai salah satu jaminan mutu makanan yang dikonsumsi oleh siswa selain sehat juga halal di mata syariat. Hal ini juga menjadi perhatian kepada para pedagang bahwa makanan yang di perjual belikan di harus di perhatikan secara mendetail.

Dengan adanya program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati), Kementerian Agama memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan pengajuan penerbitan sertifikat halal dengan metode self Declare agar produk yang diperjual belikan dipastikan halal.

Para pelaku usaha bisa mendaftarkan sertifikasi halal produknya melalui Penyuluh Agama Islam dan pendamping proses halal yang tersebar di masing-masing kecamatan. Dalam hal ini MAN Insan Cendekia di dampingi oleh bapak Cholis dari mulai proses mendaftar sampai penerbitan sertifikat halal.

Sertifikat halal ini sebagai bukti bahwa keseriusan Kementerian Agama sebagai pelayan publik untuk menjamin konsumsi masyarakat aman dari makanan yang tidak halal karena masyarakat Indonesia Sebagian besar adalah Muslim yang sensitive terhadap makanan yang tidak halal.

Tidak berhenti disini , Program sertifikasi halal akan terus berlanjut hingga pelaku usaha yang bekerja sama dengan Unit kewirausahaan memiliki sertifikat halal. Kepala Madrasah menuturkan bahwa “semua pelaku usaha yang menitipkan barang nya di Unit Kewirausahaan harus memiliki sertifikasi halal dulu sebagai syarat awal untuk menjadi Partner.”

Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh warga madrasah dari unsur guru, siswa dan wali murid karena dengan adanya sertifikasi ini penjaminan makanan yang berkualitas bisa terwujud. (HUMAS)

#kemenagri #kemenagjatim #kanwilkemenagjatim #kemenagkabpasuruan #kankemenagkabpasuruan #kabupatenpasuruan #kabpasuruan #pasuruan #kua #kuakabpasuruan #kuakecsukorejo #seksibimas #seksibimasislam #seksibimaskabpasuruan #halal #sertifikasihalal #sertifikathalal

Leave a Comment