Pasuruan. Selasa, 16 Januari 2024. Tepat hari ini seluruh warga Man IC Pasuruan mendapatkan sebuah pengetahuan terbaru dari Satlantas Polres Pasuruan Kota mengenai peningkatan literasi keselamatan lalu lintas, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh warga MAN Insan Cendekia Pasuruan. Kepala Madrasah Bapak Syamsul Ma’arif, M.Pd beserta seluruh GTK juga turut hadir dalam penyuluhan ini.

Acara ini dibuka oleh Master of Ceremony dan dilanjutkan oleh pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah, Syamsul Ma’arif M.Pd. “Sangat penting sekali kita untuk mengetahui bagaimana cara etika berkendara di lalu lintas yang baik dan benar, marak kecelakaan terjadi dan saya ingin anak Insan Cendekia Pasuruan bisa memahami betul tentang materi ini agar kedepannya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.”

Penjelasan materi dijelaskan langsung oleh Aiptu Breni Raharjo selaku Kanit Kasemtibcar Lantas Polres Pasuruan Kota. Dalam materi tersebut dijelaskan beberapa poin tentang etika berlalu lintas yang sesuai dengan UU nomor 22 tahun 2009, poin-poin tersebut meliputi cara penggunaan helm yang baik dan benar, etika menyalip, kendaraan prioritas, faktor laka lantas dan apa yang perlu dilakukan ketika ada laka lantas, hal tersebut dirangkum menjadi satu dalam acara kali ini.

Selain beberapa materi tersebut para peserta juga diberi data laka lantas 2023 di Pasuruan Kota dengan sekitar 660 kejadian lalu lintas yang terjadi, 11 luka berat, 79 meninggal, dan 552 luka ringan. Data tersebut diberikan dengan banyak dari pelaku kecelakaan adalah karyawan swasta dan pelajar. Hal itu mengharuskan kita sebagai pelajar untuk lebih waspada dan lebih tertib dalam berlalu lintas.

Para peserta pun diberi video agar lebih mengerti tatacara dan etika berkendara di lalu lintas yang baik, aman, dan selamat. Disuguhkan video tata cara menyalip yang benar dengan video animasi yang membuat peserta lebih paham dengan pesan apa yang diberikan. Agar aman berkendara digunakan singkatan PAS, Perlu, Aman, dan Sesuai.

Salah satu pesan yang disampaikan oleh Aiptu Breni Raharjo. “Setiap kecelakaan dimulai dari pelanggaran lalu lintas, kita sebagai pengguna jalan harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas, jangan sampai kita semua menjadi dalang dari kejadian kecelakaan.”

Tak hanya sebatas penyampaian materi, Siswa siswi man insan cendekia pasuruan juga disuguhkan dengan kuis menarik seputar materi etika lalu lintas yang telah disampaikan tadi. antusiasme ditunjukan dengan mengangkat tangan setinggi mungkin saat soal kuis sudah dibacakan. Kuis menarik ini dimenangkan oleh Sholahuddin Al Ayubbi dari kelas XA dan Dewi Nailul Muna dari kelas XII Mipa 2. Mereka maju untuk menjawab kuis dan mendapatkan brosur tentang tata cara berkendara yang baik dan benar. Namun, tiba – tiba Aiptu Breni Raharjo mengeluarkan hadiah kejutan berupa Helm untuk kedua siswa/i yang sudah memenangkan kuis ini. Mereka berfoto bersama sambil menggunakan helm dengan tantangan harus dipakai saat acara berakhir.

Selain dari siswa/i apresiasi turut disampaikan olehNgindiana Zulva, S.Pd.Gr. Guru Sejarah MAN IC Pasuruan yang ikut mendampingi kegiatan tersebut, “Acara ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami, karena usia anak-anak memang sudah aktif berkendara sepeda bermotor. Kami mengucapkan trimakasih kepada Divisi Satlantas Kepolisian Pasuruan Kota.”

Aenda penyuluhan kali ini ditutup dengan berfoto bersama dan ucapan terima kasih bagi pemateri
“terima kasih satlantas kota pasuruan, semoga berkah atas ilmunya, aamiin”. (Humas)

Leave a Comment