Pasuruan.Tanpa terasa, bulan suci Ramadhan 1445 H sudah di depan mata. Dalam 3 atau 4 hari ke depan, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Suka cita menyambut bulan suci Ramadhan juga dirasakan oleh Santri MAN IC Pasuruan.

Bertepatan dengan malam Jumat terakhir di bulan Sya’ban 1445 H atau Kamis, 7 Maret 2024 Santri Asrama MAN IC Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Khatmil Qur’an Kubro. Kegiatan ini diinisiasi oleh Organisasi Santri Madrasah (OSMA) dan dihadiri oleh seluruh santri putra dan putri, beserta Dewan Asatidz Asrama.

Bertempat di kantin madrasah, kegiatan diawali dengan tawasul, dilanjutkan dengan Khatmil Qur’an secara bersama sama oleh seluruh santri. Masing masing santri sudah mendapatkan maqra’ yang sudah ditentukan oleh Asatidz. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi para santri yang sudah menyelesaikan Tahsinul Qur’an Bin Nadzor 30 Juz. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada santri yang telah menyelesaikan Hafalan 42 Hadis Arbain Nawawi.

Menurut salah satu dewan Asatidz, Ustadz Misbakhul Ma’arif, S.Pd., “Kegiatan Khatmil Qur’an Kubro ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur dan suka cita atas datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H. Serta, keberhasilan para santri yang sudah menyelesaikan bin nadzor 30 Juz dan hafalan hadis ini semoga mampu menginspirasi bagi teman-temannya yang lain, agar semakin termotivasi untuk menyelesaikan target pembelajarannya di Asrama”. (ASR)

Leave a Comment